Pengadilan Denmark Memerintahkan Bet365 Untuk Membayar Bintang Sepak Bola Atas Penggunaan Gambar Mereka Secara Ilegal

0 Comments

Pengadilan di Denmark telah menetapkan bahwa operator game Bet365 tidak dapat secara sewenang-wenang menggunakan nama, gambar, dan kemiripan (NIL) atlet untuk tujuan pemasaran tanpa izin mereka. Akibatnya, itu harus mengganti 23 atlet Denmark terkenal, termasuk bintang Manchester United, sejumlah besar uang.

Pengadilan Maritim dan Komersial Denmark memerintahkan perusahaan game global tersebut untuk membayar kompensasi sebesar DKK4,7 juta (US$692.780) kepada para bintang. Daftar itu antara lain Christian Eriksen, Mikkel Hansen, dan Viktor Axelsen.

Bet365 berulang kali menggunakan nama dan wajah atlet dalam postingan di media sosial, tetapi tidak pernah meminta izin. Oleh karena itu, masing-masing ditetapkan untuk menerima DKK50.000 (US$7.370) per pos, kecuali operator tersebut dapat memenangkan kasusnya di tingkat banding.

Tidak Perlu Untuk NIL

Para atlet awalnya mengejar kasus tersebut melalui serikat pekerja masing-masing, dengan alasan mereka muncul di iklan dari Februari 2019 hingga Maret 2021 tanpa persetujuan. Asosiasi Pemain Denmark mewakili 21 pemain sepak bola, Asosiasi Pemain Bola Tangan mewakili Hansen dan Asosiasi Atlet Olahraga Elit Denmark mewakili Axelsen.

Mereka kemudian bergabung untuk melancarkan serangan mereka terhadap Bet365. Pertanyaan utamanya adalah apakah para atlet akan menerima setidaknya DKK 50.000 sebagai pembayaran untuk setiap postingan di saluran media sosial Bet365 jika mereka membuat kesepakatan tentang postingan tersebut. Pengadilan Maritim dan Niaga memutuskan demikian.

Total kompensasi yang disetujui pengadilan adalah DKK50.000 kurang dari yang diminta para atlet. Ini karena Hansen, pemain klub bola tangan Aalborg Håndbold dan tim nasional Denmark, telah menuntut DKK75.000 (US$11.055) untuk masing-masing dari dua postingan di mana dia tampil. Namun, pengadilan memutuskan bahwa dia hanya boleh menerima jumlah yang sama dengan atlet lainnya.

Kompensasi terbesar jatuh ke Eriksen, pemain sepak bola yang kini bersama Manchester United. Dia sebelumnya bermain untuk Ajax, Inter Milan dan lainnya dan akan menerima DKK1,45 juta (US$213.730).

Juga di antara grup yang menerima kompensasi terbanyak adalah penjaga gawang Kasper Schmeichel, sebelumnya dari Leicester City dan sekarang bersama klub Ligue 1 Prancis Nice, yang akan menerima DKK500.000 (US$73.700). Pemain menonjol Chelsea FC Women selama tiga tahun, Pernille Harder, harus mendapatkan penggantian sebesar DKK350.000 (US$51.590).

Daftar tersebut termasuk pemain sepak bola Mathias Jørgensen, Henrik Dalsgaard, Christian Nørgaard, Joakim Mæhle, Christian Poulsen, Jonas Lössl, Anders Christiansen dan Jannik Vestergaard. Masing-masing akan menerima DKK50.000, sementara Axelsen, seorang pemain bulu tangkis, mendapat DKK200.000 (US$29.480).

Bet365 juga harus membayar biaya hukum kepada Asosiasi Pemain Denmark, Asosiasi Atlet Olahraga Elit Denmark, dan Asosiasi Pemain Bola Tangan.

Memainkan Game Semantik

Bet365 berpendapat bahwa tidak perlu persetujuan individu untuk menggunakan materi NIL dalam pemasarannya karena tidak secara teknis pemasaran. Sebaliknya, perusahaan menyediakan “konten editorial”, yang termasuk dalam undang-undang penggunaan wajar Denmark.

Agar postingan media sosial perusahaan mana pun dapat dianggap sebagai pemasaran di Denmark, postingan tersebut hanya perlu menembus ambang batas rendah yang mewakili “niat komersial”. Mengingat bahwa hampir tidak ada perusahaan yang menerbitkan posting media sosial yang bersifat “editorial”, satu-satunya alternatif adalah memproduksi konten dengan tujuan memasarkan produk atau layanannya.

Pengadilan menolak argumen tersebut, mengakibatkan pembayaran tertunda. Bet365 memiliki waktu dua minggu untuk membayar atau akan menghadapi denda tambahan. Namun, pihaknya berencana untuk mencoba mengajukan banding atas keputusan tersebut, yang dapat memperlambat prosesnya.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *